"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Saturday, August 11, 2018

Tips dan Cara Merawat dan Memperbaiki Joystick / Gamepad Game Konsol dan Komputer PC



- Jangan dibanting
Jika kesal sebaiknya anda melakukan hal lain selain melakukan tindak kekerasan pada stick anda seperti lompat-lompat, atau teriak-teriak sekeras mungkin.
- Jangan melilitkan kabel di joystick / gamepad
Biasanya dapat membuat lapisan tembaga dalam kabel terputus, sehingga joystick / gamepad tidak dapat bekerja sebagai mana mestinya. Gunakan tehnik melilit tali tambang sabut kelapa, bukan seperti melilit benang layangan.
- Jauhkan dari Air
Jika air masuk kedalam komponen pcb pada joystick / gamepad akan menyebabkan korslet yang akhirnya merusak komponen secara permanen.
- Jangan Bermain Kasar
tekan tombol pada joystick / gamepad dengan lembut dan santai. Jangan memencetnya dengan kasar yang dapat membuat karet tombol jadi encer atau dol, serta kemudi analog jadi patah atau karetnya putus.
- Bersihkan Jika tombol Budek
Jika tombol mulai tidak sensitif atau tidak bekerja, coba buka dan bersihkan bagian komponen yang terhubung dengan bagian karet joystick / gamepad. Jika tombolnya jadi terlalu encer karena karet joystick / gamepad sudah dol, coba cari spare part karetnya di toko khusus game seperti harco glodok.
- Service Bila Rusak
Segera bawa ke tempat service di sekitar daerah anda jika anda tidak dapat memperbaiknya. Namun pastikan anda mendatangi tempat service khusus peralatan game, bukan service payung, sol sepatu, ac, dan sebagainya.
Tambahan :
Sebelum membuka joystick / gamepad dan membongkar-bongkar pastikan kabelnya sudah tidak terhubung dengan mesin agar anda tidak kesetrum atau konslet pada komponen.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon