"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Wednesday, January 3, 2018

Faktor Penyebab Gangguan Pada Transformator


Faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan pada transformator dapat diklasifikasikan menjadi enam kelompok yaitu :
1.      Gangguan pada belitan berupa : kerusakan isolasi, kelembaban yang tinggi, gangguan luar yang dapat merusak isolasi, pemanasan yang berlebih, belitan terbuka/putus, gangguan hubung singkat tanah, gangguan hubung singkat fasa ke fasa dan gangguan mekanis.
2.      Gangguan pada ‘Tap Changer’ berupa : gangguan mekanis, gangguan pada kontaktor, pemanasan yang berlebih, terjadinya hubung singkat dan gangguan eksternal.
3.      Gangguan pada ‘Bushing’ berupa : terjadinya flash over oleh binatang, kontaminasi dengan lingkungan, serta kelembaban.
4.      Gangguan pada terminal panel berupa : terlepasnya kontak, kurangnya isolator, kelembaban, hubung singat, terjadi salah penyambungan.
5.      Gangguan pada inti besi berupa : gagalnya isolasi inti besi, hubung singkat pada laminasi, terlepasnya baut.

6.      Gangguan lain berupa : gangguan pada bushing transformator arus, terdapatnya butiran logam pada minyak transformator, gangguan pada peralatan bantu (pendingin, alat pernapasan), tegangan lebih serta kesalahan – kesalahan yang tidak dapat diidentifikasi.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon