"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Wednesday, January 3, 2018

Definisi Rele Proteksi



Rele proteksi adalah suatu unit analog atau komponen diskrit, dan atau sirkuit digital yang terhubung ke sistem tenaga yang berfungsi sebagai sensor atau pendeteksi.
                Pada dasarnya, rele proteksi terdiri dari elemen yang beroperasi dan sekelompok kontak – kontak. Elemen yang beroperasi ini menerima masukan dari peralatan trafo dalam bentuk arus, tegangan, atau kombinasi keduanya yaitu impedansi dan daya. Rele bereaksi juga terhadap besarnya perubahan masukan, sudut fasa antara kedua besaran, jumlah antara kedua besaran, perbandingan kedua besaran. Dalam banyak kasus, rele melaksanakan pengukuran  (perbandingan) operasi berdasarkan masukan dan menterjemahkan hasilnya ke dalam bentuk pergerakan kontak.
            Proteksi adalah pengetahuan dalam pengawasan sisten tenaga dan mendeteksi adanya gangguan dan memerintahkan CB (Circuit Breaker) untuk melakukan trip dengan benar.[1] Akan tetapi, rangkaian – rangkaian pemutus sendiri tidak cukup untuk menghilangkan gangguan, oleh karena itul diperlukan rele proteksi. Rele – rele diperlukan untuk mendeteksi adanya gangguan dan jika ternyata terdapat gangguann,, maka rele proteksi menentukan pemutus mana yang harus dibuka. Oleh karena itu, sistem proteksi yang meliputi transformator arus, transformator tegangan, dan rele – rele proteksi yang dihubungkan dengan pengkawatan dan kontak – kontak rele yang menutup rangkaian dari terminal baterai pada rangkaian pemutus trip coil. Pada umunya, semua rele proteksi memiliki dua keadaan yakni keadaan normal dan keadaan gangguan.

            Rele harus cukup peka beroperasi di dibawah keadaaan gangguan minimum pada gangguan yang terjadi di sekitar wilayahnya, selebihnya rele harus stabil dibawah beban maksimum atau melewati keadaan gangguan. Oleh karena itu, rele seharusnya mampu untuk membedakan arus gangguan dari suatu arus beban lebih.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon