"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Thursday, December 29, 2016

[Doc] Kontrol Peralatan Listrik dengan SMS Berbasis Arduino Uno R3

BAB I
 PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Pada saat ini, perkembangan aspek kehidupan semakin maju. Berbagai aktivitas dilakukan hampir tidak terlepas dari sistem kelistrikan. PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan negara dibidang kelistrikan harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.
Sistem tenaga listrik merupakan suatu sistem terpadu yang terbentuk oleh hubungan-hubungan peralatan dan komponen-komponen listrik seperti generator, transformator, jaringan tenaga listrik dan beban-beban listrik. Peranan utama dari suatu sistem tenaga listrik adalah menyalurkan energi listrik yang dibangkitkan oleh generator ke konsumen-konsumen yang membutuhkan energi listrik tersebut.
Dalam kehidupan sehari-hari kita memang tidak terlepas dari penggunaan tenaga listrik. Dengan semakin berkembangnya perangkat elektronik yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang terus menerus mengalami peningkatan sangat pesat, manusia semakin dimanjakan oleh kecanggihan teknologi tersebut, berbagai alat dibuat untuk mempermudah aktivitas manusia dalam mengerjakan suatu hal. Pada sistem tenaga listrik yang kompleks seperti ini diperlukan sistem pengontrolan yang dapat bekerja secara simultan untuk mendeteksi terjadinya gangguan pada sistem tersebut. Hal ini digunakan agar mempermudah kerja manusia sehingga tidak perlu diawasi secara langsung ketika terjadi gangguan atau sebagainya. Aspek yang harus dipenuhi dalam pengontrolan sistem tenaga listrik adalah efisiensi, monitoring, safety dan security. Aspek-aspek akan saling berkoodinasi baik bila manusia dapat menyesuaikan kinerja dari sistem tenaga listrik tersebut terhadap kinerja sistem pengontrolan .
Untuk mempermudah pekerjaan manusia, peneliti akan membuat alat yang dapat mengendalikan peralatan listrik dari jarak jauh menggunakan SMS dari Handphone, Arduino sebagai mikrokontroler dan GPRS Shield sebagai penerima dan pengirim informasi. Dengan adanya alat ini diharapkan akan membantu pekerjaan manusia dan mengurangi rasa khawatir terhadap peralatan listrik saat meninggalkan rumah.
Oleh karena itu, maka penulis ingin mengangkat judul project mata kuliah Penggunaan Komputer dan Otomasi dalam Sistem Tenaga yaitu Kendali Peralatan Listrik dengan SMS menggunakan Arduino dan GPRS Shield.
1.2. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penelitian ini adalah Membuat alat yang dapat mengendalikan peralatan listrik rumah tangga jarak jauh menggunakan arduino dan GPRS shield.
1.3. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada project ini adalah :             
  1. Bagaimana pengaruh sistem pengendali lampu ini pada kehidupan manusia dalam penggunaanya ?
  2. Apakah sistem ini akan memenuhi aspek-aspek pengontrolan jika diterapkan pada rumah?
1.4. Batasan Masalah
Dalam pembuatan project ini, akan diberikan batasan-batasan masalah agar pembuatan menjadi lebih terarah dan spesifik. Adapun batasan-batasan masalah tersebut :
a.       Sistem hanya bekerja dalam pengendalian lampu on atau off menggunakan  Arduino Uno R3 dan GPRS Shield SIM900.
b.      Pemograman dilakuan menggunakan bahasa C dengan aplikasi Arduino 1.6.8.

1.5. Metode Penulisan
Adapun langkah-langkah yang diambil dalam penulisan makalah project ini adalah:
1.    Studi Pustaka
Metode ini berupa membaca, memahami dan mempelajari jurnal-jurnal, sumber dari internet sebagai referensi pembuatan project.

2.      Wawancara
Metode ini dilakukan dengan cara berdikusi pada kelompok dan konsultasi kepada teman yang lebih kompeten dalam pembuatan dan penulisan makalah project ini.

3.      Pelaksanaan
Metode ini dilakukan dengan pengerjaan langsung pembuatan hardware dan kodingan pada project ini.



1.6. Sistematika Penulisan
Sistematika pembahasan dalam tugas akhir ini  dibagi menjadi beberapa bab sebagai berikut :
BAB I                         : PENDAHULUAN
Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang, tujuan penulisan, rumusan masalah, batasan masalah, metodelogi penulisan dan sistematika penulisan.


BAB II            : TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab ini dijelaskan mengenai sistem jaringan dirumah, arduino uno dan sistem pengendalian lampu dirumah.
BAB III          : METODELOGI PENELITIAN
  Pada bab ini dijelaskan mengenai komponen-komponen yang dibutuhkan, tabel ghantt chart dan diagram alir dari proses kerja sistem pengendalian.
BAB IV          : HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini dibahas mengenai proses pembuatan hardware dan kodingan beserta hasil tampilan pembuatan project.
BAB V            : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini dijelaskan mengenai kesimpulan dan saran yang dirangkum dari keseluruhan pembahasan pada pembuatan project ini.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Pengertian Sistem Kontrol Jaringan
Sistem kontrol dapat dikatakan sebagai hubungan antara komponen yang membentuk sebuah konfigurasi sistem, yang akan menghasilkan tanggapan sistem yang diharapkan. Jadi harus ada yang dikendalikan, yang merupakan suatu sistem fisis, yang biasa disebut dengan kendalian (plant).
Sistem kontrol jaringan adalah hubungan antara komponen yang membentuk sebuah konfigurasi sistem yang dapat memberikan kemudahan manusia dalam melaksanakan tgasnya dalam mengontrol jaringan. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengontrol peralatan listrik secara otomatis dengan aspek-aspek yang harus dipenuhi dalam sistem kontrol.

2.2. Komponen-Komponen Elektronika
Pada pembuatan sistem kontrol jaringan listrik dirumah dengan mengintegrasikan antara lampu dan komponen-komponen yang harus dibuat sesuai kebutuhan yang diperlukan. Berikut penjelasan komponen-komponen utama pendukung pembuatan sistem kontrol jaringan :

2.2.1.      Mikrokontroler Arduino Uno R3

Arduino Uno adalah papan sirkuit berbasis mikrokontroler ATmega328. IC (integrated circuit) ini memiliki 14 input/output digital (6 output untuk PWM), 6 analog input, resonator kristal keramik 16 MHz, koneksi USB, socket adaptor, pin header ICSP dan tombol reset. Hal inilah yang dibutuhkan untuk mendukung mikrokontroler secara mudah terhubung dengan kabel power USB atau kabel power supply adaptor AC ke DC atau baterai[4]. Berikut ini gambar mikrokontroler Arduino Uno R3 :


Gambar 2.1. Mikrokontroler Arduino Uno R3

Untuk file lengkapnya dengan format word dapat di download dari link ini

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon