"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Tuesday, November 17, 2015

Hal Yang Menyebabkan Pemadaman Bergilir Ketika Kabut Asap






Hal Yang Menyebabkan Pemadaman Bergilir Ketika Kabut Asap

Pada saat kabut asap, secara kimia terdapat sebuah partikel yang memiliki berbagai ukuran. Pada suatu pembangkit akan selalu membutuhkan udara dari luar, namun dalam keadaan kabut asap udara yang terlihat sangatlah buruk. Seperti yang dijelaskan tadi, tidak hanya manusia saja yang mendapatkan efek negatif dari kabut asap ini namun juga mesin pun akan terganggu. Hal ini dikarenakan mesin yang digunakan membutuhkan udara bersih dan untuk mendapatkan udara bersih tersebut maka dibuatlah sebuah filter atau penyaring. Namun, karena keadaan udara yang kotor, maka filter atau penyaring tersebut akan cepat kotor. Bahkan masih banyak partikel yang tetap lolos masuk kedalam mesin. Akhirnya mesin itu pun mulai kotor dan mengurangi efektivitas dalam produksi. Begitu pula dengan filter yang biasanya diganti dalam beberapa bulan, maka dapat berubah menjadi empat kali lebih cepat dari keadaan normal.

Timbul pertanyaan, mengapa tidak menggunakan penyaring atau filter yang lebih kecil agar tidak ada atau sekedar mengurangi jumlah partikel yang masuk ke dalam mesin. Hal itu telah diperhitungkan, namun ada beberapa kendala yang ditemui pihak PLN. Seperti berkurangnya jumlah udara yang bisa masuk karena lubang filter yang terlalu kecil, jika hal ini terjadi maka mesin pun akan mengalami kekurangan udara untuk beroperasi dan pada akhirnya nilai dari tingkat produksi akan tetap rendah. Jika masih bingung dapat dianalogikan kurang lebih seperti menyaring pasir dan kerikil menggunakan 2 penyaringan dengan lubang yang besar dan sangat kecil. Pasir kita ibaratkan dengan udara sedangkan kerikil sebagai partikel dari kabut asap. Pada saat menyaring dengan penyaring besar maka pasir yang lewat akan banyak, tetapi kerikil yang lolos pun jumlahnya akan cukup banyak. Bandingkan dengan menyaring dengan menggunakan penyaring dengan lubang yang sangat kecil, maka banyak pasir yang tersumbat karena tertutup kerikil. Mungkin itulah yang membuat PLN tidak menggunakan penyaring yang kecil karena akan menghasilkan efek yang kurang lebih sama.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon