"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Tuesday, November 24, 2015

Alasan Mengapa Internet di Indonesia Lamban atau Lambat

Image result for internet logo
hampir tiap hari gadgetgaul mendengar keluhan gadgeteers mengenai kecepatan koneksi internet yang lambat dan masuatu hal. keluhan ini tidak bersifat subjektif hanya dari sebagian gadgeteers di indonesia. data dari lembaga riset akamai menyebutkan kecepatan koneksi internet rata-rata di indonesia sekitar 772 kbps sedangkan malaysia 1.7 mbps, thailand 3 mbps, vietnam 1.5 mbps, kamboja 1.2 mbps dan laos 956 kbps. kenapa internet di indonesia lambat (dan masuatu hal)? 



pengamatan gadgetgaul selama ini menyimpulkan setidaknya ada 5 penyebab lambat dan masuatu halnya koneksi internet di indonesia. lima suatu hal tersebut adalah : 

1) kondisi geografis yang sangatlah luas dan medan yang beraneka-ragam 

indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia terdiri lebih dari 13 ribu pulau yang terbentang dalam luas lebih dari 1.9 juta km2. kondisi ini ditambah dengan medan yang berbukit dan berlembah tentu menjadi tantangan tersendiri dalam membangun infrastruktur internet baik kabel ataupun nirkabel. 

2) tingginya angka user internet 

pada desember 2011, user internet indonesia tercatat mencapai 55 juta jiwa atau 22.4% dari total populasi orang indonesia. dengan angka ini, indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan total user internet no. 8 terberbagai di dunia dan terberbagai ke-4 di asia sesudah tiongkok, india dan jepang. semakin berbagai total user internet yang harus dilayani tentu membuat rata-rata kecepatan internet semakin turun. 

3) perang promosi operator penyedia koneksi internet 

perang promosi yang terjadi pada operator penyedia koneksi internet akhir-akhir ini memang membuat harga koneksi internet terasa lebih murah bagi konsumen namun dengan itu semakin turun pula kualitas koneksi internetnya baik dari segi kecepatan ataupun kestajikan koneksi yang pada pada akhirnya tidak jadi lebih murah dari sebelumnya.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon