"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Monday, October 19, 2015

Tips dan Cara Menjaga Baterai Laptop

Assalamu'alaikum.
Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara menjaga baterai laptop agar tetap baik dan tidak rusak atau lebih sering disebut drop. Seperti yang kita ketahui laptop adalah komputer jinjing, keunggulannya adalah laptop dapat dibawa kemana mana tanpa perlu kabel listrik. Namun banyak orang yang salah menggunakan laptop yang mengakibatkan baterai laptopnya sendiri rusak atau drop.


Sebernarnya cara merawat baterai laptop tidaklah terlalu rumit, namun membutuhkan ketelitian karena jika kita lupa maka sedikit demi sedikit baterai laptop juga akan rusak. Namun, pada dasarnya baterai laptop juga memiliki umur pemakaian yang tak terelakkan. Disini saya hanya mencoba untuk membuat baterai laptop lebih efektif saja. Dan ini murni pendapat saya dan berhasil di saya, namun saya tidak bertanggung jawab jika laptop anda tetap mengalami drop.

Mungkin sebagian dari kalian berpikir bahwa yang merusak baterai laptop adalah penggunaan laptop yang bersamaan dengan proses charging. Ada pula yang berpikir bahwa cara untuk menjaga baterai laptop adalah dengan mencabutnya ketika digunakan dengan charger. 

Hal itu tidak 100% benar, hal ini telah saya alami, memang menggunakan laptop dengan keadaan charging adalah hal yang dapat merusak laptop, tapi sebenarnya hal yang merusak disana adalah karena tidak dicabutnya charger ketika baterai sudah terisi penuh. 

Bagaimana dengan mencabut baterai? berdasarkan pengalaman saya sendiri, jangan pernah melakukan hal itu. Karena arus listrik di Indonesia tidak stabil dan akhirnya dapat merusak komponen dalam laptop. Jika begitu, apa fungsi adapter pada charger? adapter laptop hanya mengubah arus AC menjadi DC tetapi tidak menstabilkannya.

Jadi, bagaimana? saya akan menganjurkan untuk charging tapi tidak sampai kepenuhan, Maksudnya jika laptop sudah terisi penuh maka segera cabut charger agar baterai laptop tidak kelebihan kapasitas. Bahkan, menurut pengalaman saya, saya sering bermain game berat (PES, GTA, Call of Duty) sambil di charge, tapi ketika penuh segera saya cabut dan hasilnya sudah 6 tahun baterai tidak soak / drop.

Semoga informasi yang saya tulis diatas bermanfaat bagi para pembaca :)

Baca juga Cara Melihat Kerusakan Baterai Laptop.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon