"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Sunday, October 25, 2015

Contoh Perhitungan Intensitas Penerangan, Interpolasi, Efisiensi, dan Indeks Bentuk pada Teknik Penerangan


BAB I
Pendahuluan

I.1.  Latar Belakang

Prinsip umum pencahayaan adalah bahwa cahaya yang berlebihan tidak akan menjadi lebih baik. Penglihatan tidak menjadi lebih baik hanya dari jumlah atau kuantitas cahaya tetapi juga dari kualitasnya. Kuantitas dan kualitas pencahayaan yang baik ditentukan dari tingkat refleksi cahaya dan tingkat rasio pencahayaan pada ruangan.
Keutungan-keuntugan penerangan yang baik yaitu:
·         Peningkatan produksi
·         Peningkatan kecermatan
·         Terjaminya kesehatan
·         Suasana lebih nyaman
Penerangan suatu rumah tinggal pertama-tama harus nyaman, tidak melelahkan mata dan juga tidak melebihi batas terang sehingga masih terdapat bayangan yang mempengaruhi indera pengelihatan. Selain itu juga kuat intesitas penerangan harus nyaman dan tidak menyilaukan mata, perbedaan intensitas penerangan yang terlalu besar antara bidang kerja dan sekelilingnya harus dihindari, karena akan memerlukan daya penyesuaian mata yang terlalu besar sehingga melelahkan (P.van Harten,1974).
Faktor –faktor yang mempengaruhi pemilihan sistem penerangan yang sebaiknya digunakan:
  • ·         Intensitas penerangan di dalam rumah
  • ·         Intensitas penerangan dalam ruangan secara umum
  • ·         Biaya instalasi
  • ·         Biaya pemakaian energi
  • ·         Biaya pemilihan instalasi, seperti untuk penggantian lampu-lampu.

Maka dari itu dibuatlah sebuah standart yang dikenal sebagai standart SNI 03-6197-2000 yang bertujuan sebagai acuan dalam pencahayaan pada bangunan untuk memperoleh sistem pencahayaan dan pengoperasian yang optimal sehingga penggunaan energi dapat efisien tanpa harus mengurangi atau mengubah fungsi bangunan, kenyamanan dan produktivitas kerja huni serta mempetimbangkan aspek biaya. Dengan menghitung intensitas pencahayaan setiap ruangan akan didapat data-data yang akan di evaluasi sebagai parameter  untuk kualitas intensiatas pencahayaan yang mengacu pada standard SNI tersebut.

Untuk lengkapnya dapat di download dalam bentuk Microsoft Word disini. (Link Fixed)


Screenshot dari dokumen diatas :

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon