"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Monday, February 18, 2013

Cara hidup sehat Rasulullah SAW


cara hidup sehat
cara hidup sehat
Cara hidup sehat – Hidup sehat itu penting, agar terhindar dari berbagai penyakit. Jika berbicara mengenai siapa orang yang paling sehat di muka bumi ini? pernah ada seorang Rasul sekaligus pemimpin Umat Islam Rasulullah SAW adalah orang yang paling sehat dan paling jarang saat hidup selama 64 tahun lamanya.
Walaupun saat beliau Hidup Ilmu kedokteran dan kesehatan belum berkembang pesat seperti saat ini tetapi Rasulullah SAW seolah tahu ilmu agar tidak terkena penyakit. Beda halnya saat ini dimana ilmu sudah sangat berkembang tetapi penyakit yang diderita orang sangatlah banyak dan menakutkan. Nah apa saja rahasia hidup sehat Rasulullah SAW?
Cara hidup sehat Rasulullah SAW

1) Bangun Sebelum Subuh
Sering telat bangun pagi? cobalah untuk bangun lebih awal. Rasulullah selalu bangun subuh dan melaksanakan Shalat tahajjud. Dari hasil penelitian ternyata orang yang sering bangun kesiangan akan mudah terkena penyakit Hati.

2) Aktif menjaga kebersihan Menjaga kebersihan adalah upaya untuk mencegah masuknya berbagai bibit penyakit ke dalam tubuh. Rasulullah SAW senantiasa menjaga kebersihan dirinya.

3) Tidak pernah makan berlebihan Rasulullah dalam beberapa riwayat menganjurkan kita untuk berhenti makan sebelum kenyang. Jadi sisahkan isi lambung kita dengan 1/3 bagian udara di dalamnya. Efeknya kita tidak menjadi kekenyangan ketika selesai makan.

4) Gemar Berjalan kaki Zaman kehidupan Rasulullah SAW hanya ada unta sebagai kendaraan utama untuk bepergian kemana – mana  sehinggajika bepergian rasulullah juga berjalan kaki. Jalan kaki dapat menyehatkan jantung dan memperlancar aliran darah.

5) Tidak Pemarah Rasulullah SAW bukanlan orang yang suka pemarah. Beliau mengajarkan kita untuk duduk dan berbaring jika sedang marah atau mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat. Perhatikan apa yang terjadi saat anda sedang marah, bagian tubuh tertentu akan terasa tidak nyaman bukan?

6) Optimis dan Tidak putus asa Rasulullah SAW adalah orang yang optimis dan tidak putus asa terhadap segala hal terjadi. Beliau tidak pernah mengeluh terhadap apapun, melainkan selalu menyukurinya.

7) Tidak iri hati Iri hari adalah penyakit hati yang sangat berbahaya, hindari iri hati agar hidup menjadi tenang setiap saat.

8) Pemaaf
Rasulullah SAW dalam sejarahnya adalah orang yang paling pemaaf bahkan terhadap orang yang sangat membencinya beliau dengan mudahnya memafkannya. Nah bagaiman dengan orang yang pernah salah terhadap kita?

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon