"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Sunday, January 27, 2013

Si Pink Flamingo

Gadis Aksi

Hewan yang punya leher berbentuk S ini memang terkenal cantik dan anggun. Nggak heran, di Amerika Serikat patung hewan ini, sering dipakai buat menghias halaman belakang rumah. Tapi, ada banyak hal menarik dari burung yang jadi burung nasional Kepulauan Bahama ini selain warna merah mudanya yang cantik.

Pewarna tubuh
Walaupun kita selalu melihat burung ini dalam warna merah yang cenderung merah muda, sebenarnya semua burung flamingo lahir berwarna putih, lho. Hal yang membuat burung ini berubah menjadi merah muda adalah makanan mereka. Pigmen karoten yang ada dalam udang, siput dan ganggang yang menjadi makanan flamingo bikin badannya berubah warna.

Jarang sendirian
Sebagian besar flamingo hidup berkelompok. Cara hidup ini dipilih sebagai bentuk perlindungan. Soalnya waktu mengambil makanan, burung yang tinggal di danau di daerah beriklim panas ini harus mencelupkan kepalanya di air. Kalau nggak hidup berkelompok, bisa saja burung ini dimangsa ketika dia akan mengambil makanannya.

Paruh penyaring
Selain bentuknya yang unik dengan kaki super langsing, flamingo juga punya paruh yang terbilang nggak biasa. Paruhnya ini nggak cuma berfungsi buat menjepit makanan, tapi juga buat menyaring air  dan lumpur yang ada ketika dia mengambil makanan. Tugas ini dilakukan sama sejenis sisir yang ada di dalam paruh burung flamingo.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon