"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Thursday, January 24, 2013

Serangga, Spesies Indikator Lingkunga


Gadis Aksi

Sebagai salah satu penghuni terbesar di bumi, serangga punya peranan penting dalam lingkungan kita. Bayangkan saja, saat ini ada sekitar 1 juta spesies serangga yang telah dikenal oleh ilmu pengetahuan. Dan diperkirakan, masih ada sekitar 10 juta spesies serangga lainnya yang belum dikenali. Nggak hanya banyak dari segi jumlah, serangga juga punya segudang manfaat lainnya, lho. Apa saja itu?
  • Serangga bertugas menguraikan bahan-bahan tanaman dan binatang dalam rantai makanan. Bahan-bahan tersebut nantinya menjadi makanan bagi makhluk hidup lain.
  • Mereka juga bertugas sebagai pengurai (dekomposer) yang menguraikan kayu yang tumbang, ranting, daun yang jatuh, serta hewan yang mati dan sisa kotoran hewan. Bahan organik yang terurai tadi akan menjadi bahan anorganik, yang berfungsi untuk menyuburkan tanaman.
  • Jumlahnya yang mendominasi bumi, membuat serangga berperan memperkaya keanekaragaman bentuk hidup (biodiversity).
  • Serangga bekerja dalam proses penyerbukan tanaman. Mereka adalah penyerbuk yang bisa diandalkan untuk berbagai jenis tanaman. Akibatnya  kerja serangga ini, produksi buah-buahan dan biji-bijian bisa meningkat. Apalagi, jika kualitas serangganya baik.
  • Dalam ekosistem dan habitat, serangga memiliki peran sebagai spesies indikator untuk memprediksi tingkat kepunahan spesies lain dan perubahan dalam ekosistem/ habitat tersebut. Serangan serangga tomcat yang baru-baru ini terjadi di Surabaya adalah salah satu contohnya. Serangan mereka bisa diartikan adanya kerusakan lingkungan di suatu daerah. Diduga kuat, hal ini disebabkan karena lahan yang beralih fungsi dan juga perubahan iklim.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon