"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Sunday, January 27, 2013

Menghadapi Si Adik Kecil

Gadis Cinta Melulu

Punya adik kecil yang masih SD (atau bahkan TK)? Kepolosan mereka memang lucu dan menggemaskan. Tapi, kelakuannya suka merepotkan. Bahkan, bisa bikin jengkel! Kita mesti tahu nih, cara ampuh menghadapi ulah si kecil.

Kasus 1: Usil sama barang-barang. Clutch baru kita dipakai untuk main kapal-kapalan! Aaaarrgghhh!
How to deal: Sebisa mungkin jaga barang-barang kita, jangan sampai tercecer. Terus, ajari si adik untuk nggak masuk kamar kita atau membuka lemari tanpa izin.

Kasus 2: Nggak nyambung. Adik semangat banget bercerita tentang Sponge Bob. Dia juga sering mengajak kita main Barbie bareng. Males, ah!
How to deal: Itu artinya dia pengin dekat sama kita. Carilah “jembatan” untuk bisa nyambung dengan adik. Seru juga lho, ikutan mendandani Barbie. Dan film kartun masih menarik kok, untuk ditonton. Selain itu, main sama anak kecil itu fun, lho! Bisa sekalian melepas penat dan bete.

Kasus 3: Komentar malu-maluin. Pas gebetan lagi main ke rumah, adik dengan polosnya bilang, “Kakak kan, suka males mandi.” Rasanya, langsung pengin menghilang.
How to deal: Kesal? Pasti! Tapi, namanya juga anak kecil. Mereka ceriwis dan nggak berpikir macam-macam. Jadi, dibawa santai saja. Toh, gebetan juga bakal menganggapnya sebagai hal yang lucu.

Kasus 4: Jadi “buntut” kita dan teman-teman. Biasanya, ini kalau ada teman yang main ke rumah. Si junior alias adik kecil, pengin ikut main bareng. Terus, saat kita mau pergi sama teman-teman, dia nangis minta diajak.
How to deal: Biasanya, seorang adik mengidolakan kakaknya. Karena itulah dia selalu ingin ikutan. Terus, mereka juga suka diperhatikan sama orang baru, termasuk sama teman-teman kita. Ketimbang ngomel, lebih baik pakai cara halus menghadapi adik. Misalnya, sapa dia sebentar. Kemudian, jelaskan bahwa kita dan teman-teman lagi mau belajar di kamar atau mau pergi mengerjakan sesuatu. Jadi, dia nggak bisa gabung. Sebagai gantinya, berikan ia sesuatu untuk dilakukan. Seperti menggambar atau putarkan DVD favoritnya. Nah, sesekali luangkan waktu juga untuk jalan sama adik.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon