"JIKA SESEORANG MENINGGAL DUNIA, MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA YAITU: SEDEKAH JARIYAH, ILMU YANG DIMANFAATKAN, ATAU DO’A ANAK YANG SHOLEH" (HR. MUSLIM NO. 1631)

Thursday, January 24, 2013

Levi Strauss


Gadis  Ngobrol

Siapa sih yang nggak punya celana jeans? Celana yang satu ini pasti ada di lemari kita dan sering kita kenakan untuk tampil lebih kasual. Tapi, pernah nggak sih terpikir tentang kisah dibalik celana jeans yang sering kita kenakan ini? Sejarah mencatat, ternyata celana jeans ini bukan dibuat oleh seorang perancang ternama, tetapi oleh seorang pemuda berusia 20 tahun yang sedang merantau.

Awalnya, cerita celana jeans ini berasal dari Genoa, Italia. Di sana celana jeans diproduksi untuk keperluan angkatan laut. Meskipun berasal dari Italia, namun celana tebal ini tak akan popular tanpa campur tangan perantau muda bernama Levi Strauss yang datang untuk mengadu nasib di California.

Di Negara asalnya di New York, Strauss memang berprofesi sebagai penjual pakaian. Ketika datang ke California pun, ia hanya berbekal beberapa potongan tekstil dan kanvas yang akan dijual di sana. Modal nekatnya pun tak sia-sia, potongan tekstilnya laku keras dan hanya menyisakan segulung kanvasnya. Dengan memanfaatkan bakatnya, ia pun membuat sepotong celana kerja untuk para pekerja tambang, hingga laris manis karena bahannya tidak mudah rusak.

Dengan pikirannya yang kreatif, Strauss pun memodifikasi jahitannya dengan menggunakan bahan yang didapatnya dari Genoa, Italia. Karena nama bahan tersebut “genes” maka Strauss mengubah namanya menjadi jeans agar lebih enak didengar. Ia pun mulai memproduksi celana jeans pertama dengan merk “Levi’s” yang diambil dari nama depannya.

Sejak saat itulah, jeans mulai menjadi pakaian resmi para penambang. Beberapa waktu setelah itu, ia pun bekerja sama dengan seorang pengusaha sukses Jacob Davis untuk mendapatkan hak paten di tahun 1873. Pada masa itu, keberadaan jeans mulai mendongkrak dimana-mana. Meskipun telah dimodifikasi dengan bahan yang lebih lembut dari bahan awal, namun celana ini tetap disebut sebagai jeans dan sudah digunakan oleh siapa pun selain para penambang.

Hanya seorang yang lahir tahun 1996.


EmoticonEmoticon